Thursday 4 April 2013

HIV + TB = Double Trouble


NSW HEALTH FACTSHEET


Menurut NSW tentang Tuberkulosis (TBC) dan Virus Imunodefisiensi Manusia (HIV), virus  yang mengakibatkan Sindrom Defisiensi Imun Dapatan (AIDS). Penderita HIV lebih mungkin jatuh sakit dengan infeksi dan penyakit lain. TBC merupakan salah satu penyakit tersebut. Jika Anda telah  didiagnosis dengan TBC atau jika Anda menderita HIV.

Menurut data dari NSW, 40 juta orang yang diperkirakan sedang hidup dengan HIV atau AIDS, kurang lebih 13 jutanya juga menderita TBC. Deteksi dini penting jika Anda menderita HIV serta TBC supaya Anda dapat mulai  perawatan untuk HIV maupun TBC. Jika kedua infeksi ini tidak dirawat, keduanya dapat bersama mengakibatkan penyakit yang sangat serius.

Data penderita TBC HIV diatas saya Ambil dari NSW Health Factsheet, dan kali ini saya Akan Membahas atau lebih ke sharing kepada anda semua tentang Pemeriksaan dan Perawatan orang dengan HIV/AIDS dan TBC, untuk anda yang belum mengetahui apa itu TBC dan HIV/AIDS, berikut sekilas info tentang TBC dan HIV/AIDS, silahkan baca Link berikut HIV/AIDS dan TBC. Kalau Anda Sudah tahu apa itu HIV/AIDS dan TBC maka kita akan melanjutkan pembahasan tentang Pemeriksaan dan Perawatan Pasien Dengan HIV/AIDS dan TBC.


HIV DAN TBC

TES DAN PEMERIKSAAN

HIV melemahkan sistem imunitas – “HIV membuka pintu untuk infeksi lain” – maka, jika Anda menderita HIV dan TBC laten, Anda lebih mungkin terkena TBC aktif. Jika dua infeksi ini tidak dirawat, infeksinya akan bersama menyebabkan penyakit yang sangat serius.

Mengapa penting dites untuk TBC jika Anda menderita HIV?

Jika Anda menderita HIV, penting untuk menentukan apakah Anda menderita TBC laten, karena TBC laten jauh lebih mungkin berkembang menjadi TBC aktif di kalangan penderita HIV. Jika Anda menderita TBC laten serta HIV, Anda dapat menjalani perawatan.

Mengapa penting dites untuk HIV jika Anda menderita TBC aktif?

Jika Anda menderita TBC aktif, penting untuk menentukan apakah Anda menderita HIV karena penderita TBC adakalanya menderita HIV juga. Penting untuk dites supaya jika Anda menderita HIV serta TBC aktif, Anda dapat menjalani perawatan.

Tes apa yang perlu saya jalani untuk TBC?

Tiga tes umum untuk TBC dapat dilakukan di klinik dada manapun. Tes-tes ini adalah:

  • Tes Kulit Tuberkulin (TST), yang juga dikenal sebagai tes Mantoux
  • Sinar X dada ( Rontgen)
  • Tes sputum (dahak)


Tes-tes ini dapat mendeteksi apakah Anda terekspos kepada TBC pada masa lalu (TBC laten) atau jika Anda menderita TBC aktif. Keputusan tentang tes mana yang diperlukan akan diambil oleh klinik dada.

Tes mana yang harus saya jalani untuk HIV?

Tes darah untuk HIV dapat dilakukan di klinik kesehatan seksual manapun atau di tempat praktik dokter Anda.


PERAWATAN

Perawatan untuk TBC

TBC aktif dapat dirawat dan disembuhkan pada penderita HIV. TBC aktif dirawat dengan gabungan antibiotik selama sekurang-kurangnya 6 bulan. Seorang perawat mengamati Anda minum obat TBC untuk memperhatikan segala efek samping dan memastikan bahwa perawatan diselesaikan.

TBC laten pada penderita HIV dirawat dengan perawatan antibiotik selama 6 bulan untuk mencegah berlanjutnya penyakit menjadi TBC aktif.

Perawatan untuk HIV

Pada saat ini HIV dan AIDS tidak dapat disembuhkan, tetapi banyak obat telah dikembangkan untuk memerangi HIV dan melambangkan kerusakan yang disebabkan oleh virus ini terhadap sistem imunitas. Dengan perawatan, banyak penderita HIV dapat tetap sehat dan tetap mempunyai kehidupan yang sehat, sibuk dan memuaskan.

Berapa biayanya?

Untuk biaya Pemeriksaan dan Perawatan HIV/AIDS dan TBC saya tidak bisa memperedksikan berapa biaya yang di perlukan, tetapi yang saya tahu pemeriksaan dan perawatannya GRATIS karena biasa setiap daerah di indonesia memiliki Klinik VCT HIV/AIDS dan Klinik DOTS TBC, tetapi untuk lebih jelasnya silahkan anda tanyakan ke Dinas Kesehatan Daerah Anda.

Karena deteksi dini penting jika Anda menderita HIV serta TBC supaya Anda dapat mulai perawatan untuk HIV maupun TBC. Jika kedua infeksi ini tidak dirawat, keduanya dapat bersama mengakibatkan penyakit yang sangat serius.




Sekian Sharing Info dari saya jika ada yang kurang ataupun yang salah tolong jangan dicaci dan dimaki apalagi dihakimi, tapi kalu ada yang mau sharing atau berpendapat lain silahkan komentarnya.Trim's 

No comments:

Post a Comment