Tuesday 2 April 2013

HIV..?? AIDS..??


NSW Health Factsheet

HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS

Jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia khususnya akhir akhir ini semakin memprihatinkan.

Berdasarkan data Kementrian Kesehatan ( Kemenkes ) tahun 2011 terjadi peningkatan tiga kali lipat dibanding tahun 2009, yakni 60 ribu berbanding 20 ribu. Data per 30 juni 2011, terdapat 26.483 Kasus AIDS dan 66.693 Kasus HIV. Total ada 93.176 kasus atau 50% dari estimasi nasional (data Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) 2011 diprediksi mencapai 2010 ribu orang). Data tersebut dihimpun dari 32 propinsi dan 30 kabupaten dan ibu kota di Indonesia.
( sumber : www.lensaindonesia.com ).
Jadi kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang bahayanya penyakit HIV/AIDS, dari apa itu HIV/AIDS, bagaimana penularannya, juga gejala penyakit dan perbedaannya.


Apa itu HIV?

HIV merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS. HIV menyerang sistem imun tubuh. Jika Anda telah terinfeksi dengan HIV, Anda dianggap sebagai HIV positif. Ini berarti bahwa HIV telah masuk ke aliran darah Anda.

Bagaimana HIV ditularkan?

HIV ditemui dalam cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan vagina dan susu ibu. Infeksi HIV hanya dapat terjadi apabila salah satu atau lebih banyak dari cairan tubuh ini dari seorang yang terinfeksi memasuki aliran tubuh orang lain.

HIV hanya ditularkan dengan cara berikut:

  • Hubungan kelamin tanpa kondom (seks tanpa perlindungan)
  • Bersama menggunakan jarum, semprot dan alat suntik lain
  • Dari ibu ke anak ketika hamil, melahirkan atau menyusui
  • Transfusi darah dan/atau produk darah (di Australia produk darah telah dites untuk HIV sejak tahun 1985


HIV TIDAK DAPAT ditularkan melalui: batuk, berciuman, bersin, meludah, menangis, bersama menggunakan perkakas makan, seperai, kakus, pancuran atau bentuk apapun kontak biasa.

Apa gejala HIV?

Anda tidak dapat menentukan dengan melihat saja apakah seseorang menderita HIV. Kebanyakan penderita HIV tampak sehat dan tidak mengalami gejala. Akan beberapa tahun sebelum gejala apapun mulai muncul dan banyak penderita HIV sendiri tidak tahu.

Apa perbedaan antara HIV dan AIDS?

HIV menyerang sistem imunitas tubuh. Jika tidak dirawat, HIV merusakkan sistem imunitas supaya tidak dapat memerangi infeksi umum lagi dan penderita menghadapi risiko penyakit, bahkan kematian. Kondisi ini dikenal sebagai AIDS – Sindrom Defisiensi Imun Dapatan.

Jika Anda menderita HIV, berarti bahwa Anda:

  • Mempunyai virus yang menyebabkan AIDS
  • Mungkin tidak mengalami gejala apapun
  • Dapat dirawat

No comments:

Post a Comment